12 Jun 2019 | 15:54:22 WIB
Pewarta : Johan Gampo Alam (Dharmasraya)



Bupati Sutan Riska Dorong Transformasi Ibukota

Bupati Sutan Riska Dorong Transformasi Ibukota

Bupati Sutan Riska bersama wanita tani untuk bersiap menjadi pebisnis ibukota


DHARMASRAYA ---- LINTAS DAERAH

Pulau punjung sebagai ibukota Kabupaten Dharmasraya terus dibenahi. Pemkab Dharmasraya pimpinan Sutan Riska Tuanku Kerajaan telah melakukan berbagai terobosan. Dimulai dengan membuka akses Pulau Punjung menuju Timpeh dan belakangan diketahui rumah sakit yang selama ini terbengkalai, tak lama lagi akan dioperasikan untuk melayani masyarakat. Tak Cuma itu, jembatan sungai Batanghari yang merupakan jembatan kabel pertama di Sumbar juga merupakan bagian dalam pembenahan ibukota.
Dengan berbagai infrastruktur yang dibangun oleh pemerintah pusat maupun daerah di ibukota Kabupaten Dharmasraya itu, maka kemana arah pengembangan Pulau Punjung sedikit demi sedikit mulai terkuak. Pembukaan akses jalan Pulau Punjung-Timpeh sedikit banyak akan mendorong jumlah orang-orang yang akan berkunjung ke ibukota kabupaten, terutama dari Kecamatan Timpeh, Padang Laweh bahkan dari sejumlah kawasan di Provinsi Riau. Jika orang yang akan datang ke Pulau Punjung makin banyak, maka akan menjadi peluang bagi para pebisnis di ibukota dan sekitarnya untuk mengembangkan usaha.
Apalagi dengan akan dioperasikannya RSUD Sungai Dareh yang baru awal tahun depan, tentu akan makin ramai saja ibukota Kabupaten Dharmasraya. “Pulau Punjung ini akan semakin ramai. Akses jalan sudah baik, dekat, layanan masyarakat kita juga makin baik. Dengan begitu saya harapkan Pulau Punjung bisa menjadi pusat kegiatan ekonomi di selatan Sumatera Barat,” kata Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan. Bupati muda nan gagah ini tidak salah, sebagai sarjana ekonomi, dia paham betul bagaimana membangun pusat pertumbuhan ekonomi yang prospektif.
Menurut prediksi bupati, dengan makin banyaknya kunjungan orang-orang ke ibukota kabupaten, maka akan tumbuh sektor perdagangan, terutama perdagangan skala kecil. Pasar akan menjadi semakin ramai, aneka produk pangan akan dibuat oleh orang orang yang membaca prospek bisnis. Bahkan penginapan dan tempat tempat wisata akan bermunculan di ibukota tanah mekar ini. “Kita berharap kondisi ini akan memunculkan usaha ekonomi baru, menciptakan lapangan kerja dan pemerataan pembangunan,” imbuh bupati.
Oleh karena itu, Pemkab Dharmasraya melalui beberapa organisasi perangkat daerah terus melakukan dorongan untuk menumbuhkan pelaku usaha kecil dan menengah di berbagai bidang. Dengan menggelar berbagai pelatihan teknis dan manajemen, diharapkan bakal melahirkan pelaku pelaku usaha yang bisa membaca peluang usaha dari pengembangan ibukota kabupaten. Bahkan pemerintah juga sudah mendorong perbankan untuk dapat menjadi sumber modal bagi pengusaha kecil dan menengah lokal.

Editor :  Johan Gampo Alam

COPYRIGHT © THE TARGET 2017





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment