09 Mar 2019 | 23:27:31 WIB
Pewarta : Johan Gampo Alam (Dharmasraya)



Dispakan Teken Kerjasama Keamanan Pangan dengan SPENSA PULPU

Dispakan Teken Kerjasama Keamanan Pangan dengan SPENSA PULPU

Serah terima naskah perjanjian kerjasama untuk ditandatangani


THE TARGET ---- PENDIDIKAN

SMP Negeri I Pulau Punjung atau yang populer disebut SPENSA PULPU Sabtu (09/03/19) menjalin kerjasama dengan Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Dharmasraya. Kerjasama tersebut bertujuan untuk melaksanakan edukasi bagi anak dan lingkungan agar senantiasa mengkonsunsi jajanan sehat, baik saat disekolah, di lingkungan sekolah maupun di lingkungan keluarga.

Kepala SPENSA PULPU Riwahono, S.Pd mengatakan, untuk mewujudkan sekolah yang dia pimpin menjadi sekolah sehat, salah satunya harus dilakukan dengan cara melaksanakan edukasi, baik kepada siswa, orang tua siswa, dan lingkungan sekolah untuk melaksanakan pola hidup sehat. Salah satu ciri penerapan pola hidup sehat adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat pula.

Oleh karena itu, dirinya, menurut Riwahono, menggandeng Dinas Pangan dan Perikanan untuk bekerjasama membudayaian kebiasaan mengkonsumsi jajanan yang sehat di sekolah, di lingkungan keluarga maupun di areal masyarakat luas. "Saya tahu bahwa salah satu tugas dan fungsi Dinas Pangan dan Perikanan adalah melaksanakan pengawasan keamanan pangan," kata Riwahono. Itulah sebabnya maka Dinas Pangan dan perikanan diajak melaksanakan kerjasama," kata Riwahono.

Plt. Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Budi Waluyo, S.PKP mengatakan, pihaknya menyambut baik tawaran kerjasama dari SPENSA PULPU. Perjanjian kerjasama kedua pihak dituangkan dalam surat perjanjian kerjasama dan ditandatangani oleh pimpinan masing masing yang penandatanganannya dilaksanaian di SPENSA PULPU pada Sabtu (9/3/19).

Menurut Budi, pihaknya akan memfasilitasi pengujian cemaran zat berbahaya yang dicampurkan pada jauanan anak sekokah yang dijajakan di seputaran SPENSA PULPU. Berdasarkan hasil pengujian itu, semua yang terlibat seperti pedagang jajanan anak sekolah, para siswa dan orang tua siswa akan diedukasi agar tidak mengkonsumsi pangan yang nyata nyata telah mengandung zat berbahaya.

"Bila perlu akan kami bantu poster poster yang bisa ditempel di dinding dinding sekolah, sebagai bentuk sosialisasi keamanan jajanan anak sekolah," kata Budi Waluyo. Ia berharap semoga kerjasama edukasi keamanan pangan antara SPENSA PULPU dengan Dinas Pangan dan Perikanan dapa dicontoh sekolah lain dan Dinas Pangan dan Perikanan siap untuk memfasilitasinya.

Editor :  Johan Gampo Alam

COPYRIGHT © THE TARGET 2017





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment