10 Mar 2019 | 19:05:18 WIB
Pewarta : Johan Gampo Alam (Dharmasraya)



Ikut Atasi Stunting, SPENSA PULPU Gelar Lomba Menu Bergizi, Beragam dan Berimbang

Ikut Atasi Stunting, SPENSA PULPU Gelar Lomba Menu Bergizi, Beragam dan Berimbang

Lomba menu beragam, bergizi dan berimbang di SPENSA PULPU sebagai wujud upaya mengatasi Stunting


THE TARGET ---- PENDIDIKAN

Kerdil alias stunting boleh jadi menerpa banyak keluarga di Kabupaten Dhamasraya. Namun, yang terpenting, Pemkab Dharmasraya melalui Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Pangan dan Perikanan serta organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya secara simultan berupaya mencari jalan keluar, agar permasalahan kesehatan yang dipicu oleh persoalan konsumsi gizi ini dapat diatasi dan generasi Dharmasraya ke depan bisa tumbuh dan berkembang secara optimal.

Inilah yang diimplementasikan oleh keluarga besar SMP Negeri satu Pulau Punjung atau yang populer dengan sebutan SPENSA PULPU Pada Sabtu (8/3/19) lalu. Di akhir pekan pertama Maret itu, SPENSA PULPU menggelar lomba menu bergizi, berimbang dan beragam antar kelas. Dibawah bimbingan walikelas, tiap rombongan belajar menyusun menu bergizi, beragam dan berimbang yang disajikan di hadapan semua civitas akademika SPENSA PULPU pimpinan Riwahono, S.Pd.

Pelaksanaan lomba bergizi, berimbang dan beragam ini dibimbing langsung oleh Plt. Kepala Dinas Pangan dan Perikanan, Budi Waluyo, S.PKP dan Kepala Puskesmas Sialang beserta jajaran. Mereka melakukan penilaian, menu yang disajikan dan tingkat penguasaan materi oleh siswa yang diutus sebagai duta untuk memberikan penyuluhan gizi beragam dan berimbang.

Tiga pemenang langsung diumumkan dan para pemenang diberikan piagam oleh kepala sekolah. Menurut Riwahono, sang kepala sekolah, kegiatan tersebut rutin dilakukan pada akhir pekan sekali dalam sebulan. Agendanya selalu beganti sesuai dengan program kerja dan kebutuhan serta permasalahan dan isu yang berkembang. Tujuannya untuk menanamkan kesadaran bersama di lingkungan civitas akademika, agar mereka sadar gizi, supaya tidak mengalami stunting atau kerdil pertumbuhan jasmaninya.

Plt. Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Budi Waluyo memberikan apresiasi yang tinggi atas kreatifitas dan kepedulan kepala sekolah bersama para guru, terhadap persoalan stunting yang sudah menjadi persoalan negara. Kegiatan lomba menu bergizi, beragam dan berimbang ini sangat besar manfaatnya dan hendaknya dapat diikuti oleh sekolah sekolah lain di Dharmasrays.

"Kegiatan ini sejalan dengan misi Dinas Pangan dan Perikanan dalam meningkatkan skor pola pangan harapan (PPH) masyarakat. Melalui upaya edukasi dan membangun kesadaran bersama, insyaalah di tahun tahun mendatang skor PPH kita bisa menjadi lebih baik, dan derajat kesehatan masyarakat bisa lebuh tinggi lagi," kata Budi Waluyo.

Editor :  Johan Gampo Alam

COPYRIGHT © THE TARGET 2017





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment