12 Mar 2019 | 23:30:03 WIB
Pewarta : Johan Gampo Alam (Dharmasraya)



Menkop Puspayoga, Tertarik Produk Pangan Lokal Buatan UKM Bidang Pangan dan Perikanan

Menkop Puspayoga, Tertarik Produk Pangan Lokal Buatan UKM Bidang Pangan dan Perikanan

Menkop Puspayuga didampingi Bupati Sutan Riska tengsh mendengarkan paparan Plt. Kadis Pangan dan Perikanan Budi Waluyo terkait produk pangan lokal rasa iian


THE TARGET --- EKONOMI

Mobil Toyota Alphard warna hitam itu berhenti persis di depan stand pameran produk UKM Binaan Dinas Kumperdag. Sejurus kemudian sosok lelaki paruh baya turun dari dalam mobil. Wajah lelaki itu tampak sumringah. Memakai batik warna hijau, dipadu celana hitam, lelaki itu tampak berwibawa, meski bibirnya terus mengumbar senyum. Dia adalah Drs. Anak Agung Gede .Ngurah Puspayoga, yang tengah dalam agenda kunjungan kerja ke Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumbar.

Didampingi Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, kedua kader pekat PDI-P itu kemudian mulai menyaksikan dengan cermat satu persatu produk UKM yang ditampilkan dalam bazar. Bazar yang mengambil lokasi di halaman auditorium Kantor Bupati Dharmasraya, diikuti oleh puluhan UKM lokal, seperti UKM Bariklana dan sejumlah UKM lainnya. Mereka menampilkan produk unggulan masing masing. D bawah binaan sejumlah dinas dalam lingkup ekonomi, para UKM terlihat sudah mampu menampilkan produk yang menarik minat konsumen.

Paling tidak, sosok sekelas Menteri Koperasi Kabinet Kerja Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, begitu mengagumi tampilan produk UKM yang dipamerkan dapam acara bazar. Produk produk UKM yang tampil dalam acara bazar, antara lan aneka batik tanah liek, aneka produk olahan pangan lokal, aneka produk buah buahan segar, aneka produk jamu dan produk olahan hasil perikanan.

Dipandu para kepala dinas lingkup ekonomi, Menteri Koperasi dan UKM Puspayuga, melihat satu persatu produk UKM yang dipamerkan. Bangsawan asal Bali itu mencoba meyakinkan Bupati Sutan Riska, bahwa produk UKM tersebut punya prospek yang baik, dan oleh karena itu harus terus dikembangkan. "Semuanya enak rasanya Pak Bupati. Nanti setelah acara, kita duduk di Bazar ini untuk mencicipi produk olahan pangan lokal," ujar Pak Menteri kepada tuan rumah Sutan Riska.

Dengan senyum khas, bupati termuda Indonesia itu menganggukkan kepala, seraya menyilahkan sang Menteri untuk menuju ke Auditorium dharmasraya. Dan dengan diiringi para pembesar kabupaten, mantan Wagub Provinsi Bali itu kemudian masuk ke Auditorium untuk menyaksikan berbagai momentum perkembangan UKM, antara lain penyerahan KUR, penyerahan sertifikat hak cipta, penyerahan nomor induk koperasi dan penandatangan kerjasama ekonomi.

Usai acara, Menkop memenuhi janjinya. Mereka kembali ke stand bazar produk pangan lokal dan ikan binaan Dinas Pangan dan Perikanan. Di stand yang dipandu Plt. Kadis Pangan dan Perikanan Budi Waluyo, S.PKP, Pak Menteri yang didampingi Bupati Dharmasraya mencicipi kue labu. Tak cukup satu. Sambil menawari sejumlah pejabat Kemenkop dan UKM, Menteri Puspayoga menghabisian dua buah kue labu. Seterusnya Dia minum wedang jahe di stand UKM bidang Kesehatan. 

Lama Pak Menei dan rombongan kongkow kngkow di stan bazar. Para pejabat eselon I yang mengikuti kunjungan juragannya, juga ikut menikmati jajanan khas pangan lokal dan ikan buatan UKM Kabupaten Dharmasraya. Sambil menikmati, mereka juga menanyakan cara membuat dan bahan bahan bakunya. Dari mereka juga menganjurkan agar produk pangan lokal tersebut dapat dikemas dengan baik, dipasarkan secara intensif. Usai menikmati kuliner pangan lokal, rombongan menuju Sijunjung.

Editor :  Johan Gampo Alam

COPYRIGHT © THE TARGET 2017





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment